Info Top Lagu Indonesia terpopuler saat ini. Nikmati lirik lagu dan video klip lagu terpopuler di TopLagu.info

Thursday, February 21, 2008

Klik email dapet duit...hati-hati lho...

Hanya dengan modal klik dapat duit? Kok mudah banget? Emang mudah, kita tinggal nyediain email, daftar, setelah itu kita dikirim berjuta-juta trilyun karung email ke alamat email kita. Nah email itulah yang bakal ngasilin duit. Gak percaya? coba aja... Eittttt tapi tunggu dulu. Kata pepatah, itu tak semudah membalikkan telapak tangan, maksudnya sekarang ini hampir separuh lebih program klik-klikan seperti ini tidak membayar alias scam!. Kalau ada yang bayar, perkliknya kita dibayar 0,1 s.d 1 sen alias 9 s.d 90 rupiah.....
Coba anda bayangkan untuk dapat uang 1.000 rupiah aja! berapa kali klik kita capek?

Masih penasaran dengan program ini? berikut adalah tipsnya untuk ikut program ini :

Panduan Memilih Program PTR / PTC

Setelah membuktikan sendiri bahwa ClixSense memang benar-benar membayar, saya jadi tertarik untuk mencoba kembali masuk ke dalam dunia PTR / PTC. Seperti pernah saya sebutkan dalam beberapa kesempatan, kedua jenis program tersebut adalah sumber penghasilan saya dulu waktu pertama kali bekerja sebagai pencari uang di internet. Rutin $100 - $300 dapat saya kumpulkan per bulannya. Sayangnya, rutinitas ini dikacaukan oleh ketamakan oknum-oknum tak berperasaan yang membuat program-program PTR / PTC scam. Pemilik program yang awalnya berlaku jujur pun tidak sedikit yang ketularan menjadi silap mata.

Apakah berarti sekarang tidak ada lagi program-program PTR / PTC scam? Tentu tidak. Tetap saja masih banyak :( Tapi panduan berikut ini mungkin dapat berguna untuk menghindari terjebaknya diri kita ke dalam lingkaran setan tersebut.

Amati Halaman Depannya

Kuncinya satu. Jika tawaran sepertinya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang tawaran tersebut terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Ingat kisah si kakek dan monyet-monyetnya kan? Salah satu moral cerita yang ada di dalamnya adalah, jangan gampang percaya dengan angka-angka yang dijabarkan di muka.

Sekarang coba dinalar. Ada program yang menawarkan nilai per klik iklan sebesar $100. Jika ada 10 anggota saja, maka total biaya yang harus dikeluarkan oleh pemasang iklan untuk mengirimkan iklan kepada seluruh anggota adalah $100 x 10 = $1000. Apa mungkin ada pemasang iklan yang mau mengeluarkan uang sebesar itu hanya untuk menjangkau 10 orang saja yang belum tentu berpotensi sebagai customer?

Atau yang menawarkan signup bonus sebesar $2000. Jangkankan di Indonesia, di Amrik duit 20 juta itu juga gak sedikit, guys! Apa ya ada orang yang mau memberikan uang sebanyak itu secara cuma-cuma? Itu kalau hanya satu orang yang mendaftar. Kalau 10? 50? 100?

Jadi langkah pertama gampang saja. Amati halaman depan program PTC / PTR yang bersangkutan dan gunakan nalar Anda. Masuk akal atau tidak angka-angka yang tercantum di halaman tersebut.

Amati Halaman Daftar Harga Iklannya

Kuncinya satu. Seekor ikan arwana gak mungkin dijual seharga satu ekor ikan mas koki. Ini bisnis, bung! Penjual pasti selalu ingin mendapatkan untung (secara finansial).

Sekali lagi, gunakan akal sehat Anda. Iklan seharga $1000 per klik yang ditargetkan kepada 1000 anggota seharusnya berharga $1000 x 1000 = $1,000,000. Jika ada yang menjualnya dengan harga $10 saja, bagian mana dari nilai nominal yang menjadi keuntungan pemilik program? Belum lagi biaya tambahan untuk membayar komisi referral.

Dulu pernah heboh istilah “Sustainable PTR“. Istilah ini dinobatkan kepada program-program PTR / PTC yang memiliki biaya pemasangan iklan yang masuk akal dan memungkinkan untuk bertahan (sustainable). Di sini, biaya dikatakan memenuhi aturan sustainable apalagi maksimal kerugian yang diderita oleh pemilik program untuk setiap pemasangan iklan adalah sekitar 10% (mungkin nominal ini salah, mohon maaf karena memang konsepnya sudah lama banget).

Ilustrasinya sebagai berikut.

Program PTC ABC memiliki sistem komisi referral 3 level (15% - 10% - 5%). Untuk sebuah iklan seharga $0.01 yang dikirimkan ke 1000 anggota, biaya pemasangan iklan adalah $0.01 x 1000 x (100% + 15% + 10% + 5%) = $13. Ini adalah harga dasar, dimana pemilik program tidak mendapatkan keuntungan apa-apa.

Apabila pemilik program ingin mendapatkan keuntungan sebesar 10%, maka biaya pemasangan iklan adalah $13 x (100 + 10)% = $14.3

Untuk tetap berada pada jalur sustainable, maka harga minimal iklan di atas adalah $13 x (100 - 10)% = $11.7

Kenapa meskipun secara perhitungan rugi 10% tetap bisa disebut sustainable? Karena pemilik program PTC / PTR masih dapat menutupi kerugian tersebut dari sumber pemasukan lain, seperti pemasangan iklan di situs, top sponsor, dan sebagainya.

Tenang saja, meskipun kelihatannya ribet, tapi pada prakteknya Anda tidak perlu melakukan perhitungan-perhitungan rumit tersebut. Rata-rata harga iklan yang dipatok oleh program PTC / PTR yang gak beres dapat langsung kita nilai keabsahannya dengan sekali lihat.

Jadi langkah kedua gampang saja. Amati halaman biaya pemasangan iklan program PTC / PTR yang bersangkutan dan gunakan nalar Anda. Masuk akal atau tidak angka-angka yang tercantum di halaman tersebut.

Amati Halaman TOS (Terms Of Service) nya

Tidak perlu pakai kunci di sini :) Amati dan perhatikan TOS program PTC / PTR, terutama pada bagian Payment.

Jika tidak ada bagian Payment pada TOS, berarti gampang, program tersebut belum tentu membayar.

Jika ada bagian Payment, amati satu persatu kalimatnya. Kalau perlu minta bantuan teman Anda yang pintar berbahasa Inggris untuk menerjemahkan maksudnya.

Beberapa program PTC / PTR yang tidak memenuhi syarat kedua panduan sebelumnya, masih mungkin membayar. Dengan catatan, uang yang Anda peroleh akan dikonversi terlebih dahulu dengan nilai tukar tertentu. Nilai tukar ini biasanya ditentukan oleh besarnya keuntungan yang diperoleh pemilik program serta jumlah anggota dari program tersebut. Terkadang informasi ini dicantumkan oleh pemilik program pada bagian TOS-nya. Jadi kalau earning di akun Anda menunjukkan angka $1,000,000, jangan senang dulu. Siapa tau setelah dikonversi hasilnya tinggal $1 saja :)

Rekomendasi PTR / PTC

Belum sepenuhnya bisa disebut “rekomendasi” sih, karena saya masih dalam tahap mencoba dan belum dapat membuktikan sendiri mereka membayar atau tidak. Tapi setidaknya beberapa program PTR / PTC berikut ini (semuanya menggunakan referral link) memenuhi kriteria “PTR/PTC-that-pays” yang saya canangkan berdasarkan pengalaman. Semoga tidak salah :)


  • DonkeyMails - no minimum (E-Gold/Paypal) - terbukti membayar

  • TitanClicks - min. payout $10 (Paypal)

  • AdverCash - min. payout $10 (Paypal)

  • Bux.To - min. payout $10 (Paypal)

  • MNMBux - min. payout $10 (Paypal/E-Gold)

  • Clix4Coins - min. payout $20 (Paypal)

  • No-Minimum - no minimum (E-Gold), $1 (Paypal/AlertPay) - terbukti membayar

  • ClixNCash - $0.05 (E-Gold/Stormpay)

  • AdBux - min. payout ($10)

  • DevClix - min. payout $10.75 (Paypal)

  • DaddyBux - min. payout $8.90 (Paypal)

  • AdBuddy - min. payout $5 (Paypal)

  • NewBux - min. payout $10 (Paypal/E-Gold)

  • TurboBux - min. payout $10 (Paypal)

  • EasyAdBucks - min. payout $10 (E-Gold/Paypal/Moneybooker/AlertPay)

Ada rekomendasi program PTR / PTC lain? Terutama yang terbukti membayar. Silahkan di-share kalau ada. Tapi jangan post program-program yang terang-terangan tidak beres yah :)

Update: Sambil menyelam minum air. Kalau sudah join salah satu atau lebih program PTC di atas sebagai referralku, ikuti pula kontesnya. Dijamin bakal lebih semangat untuk urusan klik-mengklik.

Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 24 October 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

0 comments:

Post a Comment